konstruksi bangunan
Pengetahuan

Apa Itu Konstruksi Bangunan? Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Bagian Pentingnya

Apa Itu Konstruksi Bangunan?

Kata konstruksi pasti sudah tidak asing di telinga kita dalam kehidupan sehari-hari. Konstruksi bangunan adalah sebuah cara atau teknik untuk mendirikan sebuah objek bangunan. Teknik membangun pun tidak bisa sembarangan, karena harus melalui sebuah proses sketsa pada gambar teknik, perencanaan budget, penentuan konsep, lalu proses pelaksanaan hingga pengawasan.

Sehingga konstruksi dapat didefinisikan sebagai objek secara keseluruhan yang merupakan bangunan atau bagian-bagian dari bangunan tersebut. Lalu apa saja sih fungsinya?

Apa Fungsi Dari Konstruksi Bangunan?

Seperti yang kita ketahui bahwa konstruksi bangunan memiliki fungsi yang begitu bermanfaat bagi pembangunan. Lalu apa saja fungsi dari konstruksi bangunan?

  1. Dapat membuat struktur bangunan saling bekerjasama untuk membentuk suatu kesatuan.
  2. Dapat memperkokoh bangunan
  3. Dapat membuat desain bangunan yang tahan dari bencana
  4. Dapat menopang keberadaan elemen konstruksi lain

Setelah mengetahui apa fungsinya, kita akan membahas macam-macam jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Konstruksi Bangunan

Kamu dapat mengenal konstruksi bangunan dengan cara memahami jenis-jenisnya yang ada di sekitar. Lalu apa saja jenis-jenisnya?

1. Konstruksi Jalan Raya

Konstruksi jalan raya adalah konstruksi yang berfokus pada pembangunan jalan raya. Jika dari sisi teknis, konstruksi jalan raya termasuk konstruksi yang fokus kepada pembangunan sarana dan prasarana atau akses transportasi yang menghubungkan dua wilayah yang dapat digunakan sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku.

2. Konstruksi Gedung

Konstruksi gedung adalah jenis konstruksi yang paling sering dijumpai. Biasanya konstruksi ini dikerjakan oleh seorang insyinur atau seorang ahli sipil. Biasanya konstruksi gedung mengarah pada penjelasan mengenai proses pendirian dalam sebuah gedung. Prosesnya meliputi gambar pembangunan yang sesuai dengan konsep pembangunan, perencanaan dan penyediaan bahan baku, hingga pembangunan pada sebuah gedung.

3. Konstruksi Rumah

Konstruksi rumah adalah jenis konstruksi yang lebih mengedepankan unsur kenyamanan, kelayakan agar dapat ditinggali dan unsur keestetikannya. Konstruksi rumah biasanya ditentukan sesuai kenyamanan dan keamanan dari pemilik rumah.

4. Konstruksi Industri

Konstruksi industri adalah konstruksi yang dapat dilakukan dengan cara mengikuti spesifikasi yang ketat dan khusus. Contoh dari konstruksi industri adalah seperti kilang minyak, pertambangan, dan pembangkit listrik tenaga nuklir. Jenis konstruksi ini tentunya tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, jadi harus membutuhkan tenaga ahli dan juga teknologi yang benar-benar spesifik sesuai dengan perencanaan.

5. Konstruksi Teknik

Konstruksi teknik adalah adalah konstruksi yang dirancang oleh seorang ahli khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait infrastruktur. Konstruksi teknik dibagi menjadi konstruksi berat dan jalan.

Konstruksi berat biasanya berkaitan dengan proyek-proyek fasilitas suatu negara seperti pemasangan pipa bawah tanah, jalur transportasi, bendungan, dan jalur udara maupun air.

Konstruksi jalan biasanya berkaitan dengan pembuatan jalan raya dan jika di jalur pedesaan dapat membantu masyarakat agar bisa beraktivitas dan dapat jalan dari suatu area ke area lainnya.

Bagian Dari Konstruksi Pada Rumah

konstruksi rumah

Sekarang kita akan membahas apa saja bagian-bagian dari konstruksi pada rumah. Konstruksi rumah termasuk konstruksi gedung untuk tempat tinggal. Untuk bangunan rumah, konstruksi dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian atas memiliki fungsi utama sebagai pendukung bangunan. Dan pada bagian bawah sebagai penopang bangunan.

  • Konstruksi bangunan bagian bawah terdiri dari pondasi, dan balok sloof.
  • Konstruksi bangunan bagian atas terdiri dari dinding, ring balok atau kolom, ventilasi, lantai, jendela, pintu, tangga, rangkap atap atau kuda-kuda, dan atap.

Itulah penjelasan tentang konstruksi bangunan. Untuk membuat suatu bangunan harus dipertimbangkan dengan cermat. Jangan sampai membuat bangunan secara asal-asalan dan pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik.

Related posts

Berapa Standar Tinggi Bangunan? Apakah Ada Batasannya?

Stefa

Kesalahan Dalam K3 yang Masih Sering Diabaikan Oleh Pekerja

Stefa

Apa Itu Scaffolding? Fungsi, dan Jenis Scaffolding

Stefa