Kelebihan Mezzanine untuk rumah
Pengetahuan

Kelebihan Dan Kekurangan Membuat Mezzanine Menggunakan Baja Ringan

Saat ini banyak rumah yang minimalis membuat mezzanine untuk memaksimalkan lahan dan fungsi rumah supaya memenuhi kebutuhan. Mezzanine ini dikenal sebagai salah satu solusi untuk ruangan yang minimalis tanpa harus menambah lantai bangunan.

Biasanya untuk membuat mezzanine ini menggunakan material baja ringan. Baja ringan memiliki kekuatan dan usia baja yang dapat bertahan lama. Biasanya mezzanine ini digunakan untuk ruang tidur, ruang keluarga dan lain sebagainya.

Apa Itu Mezzanine?

Apa itu Mezzanine
Source : tokopedia.com

Mezzanine adalah ruangan tambahan yang dibangun setengah lantai lebih tinggi dari lantai dasar rumah sesungguhnya. Akhir-akhir ini banyak yang menggunakan mezzanine karena memiliki konsep yang minimalis dan memaksimalkan fungsi meski lahan terbatas.

Namun sebelum membuat mezzanine kamu harus memperhatikan adalah posisi dan luas mezzanine. Pastikan kamu memilih posisi yang tepat agar tidak mengganggu fungsi ruangan lainnya. Yang kedua adalah memilih bahan material. Kamu bisa menggunakan beton, besi, kayu dan baja ringan.

Kelebihan Mezzanine Baja Ringan

1. Harga yang Terjangkau

Jika dibandingkan dengan material yang lainnya, menggunakan baja ringan akan cenderung lebih murah. Baja ringan lebih ekonomis dibandingkan menggunakan kayu. Tak hanya itu daya tahan baja ringan juga sangat panjang. Dengan begitu kamu bisa menghemat biaya jika menggunakan baja ringan.

2. Instalasi yang Mudah

Kelebihan memilih baja ringan untuk mezzanine adalah instalasinya yang mudah. Kemudahan dalam pemasangannya membuat proses pemasangannya menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, baja ringan lebih banyak dipilih ketika membuat mezzanine karena instalasinya lebih mudah dibandingkan dengan material lainnya.

3. Beban yang Ringan

Penggunaan baja ringan juga memberi keuntungan yang lain yaitu memiliki beban yang ringan. Dengan bobot yang ringan ini tentunya tidak akan membebani konstruksi rumah yang sudah ada. Oleh karena itu mezzanine biasanya menggunakan baja ringan.

4. Kekuatan yang Tinggi dan Tahan Lama

Kelebihan yang terakhir adalah baja ringan memiliki kekuatan yang sangat tinggi dan tahan lama. baja ringan mampu menahan berat tanpa penopang besi atau cor seperti pada beton. Tak hanya itu, baja ringan juga memiliki daya tahan yang kuat sehingga awet dan tahan lama.

Kekurangan Mezzanine Baja Ringan

Meskipun banyak kelebihan menggunakan baja ringan, pasti ada kekurangan yang membuat kamu menjadi pertimbangan saat memilih material dalam pembuatan mezzanine. Lalu apa saja kekurangannya?

1. Tampilan yang Kurang Rapi

Kelemahan yang pertama adalah jika menggunakan baja ringan pasti akan membuat tampilannya menjadi kurang rapi. Baja ringan tidak terlalu fleksibel seperti kayu terutama pada pemotongannya. Dengan begitu membuat bentuk-bentuk pada profil baja ringan yang membuat tampilan mezzanine menjadi tidak begitu rapi.

2. Mudah Berkarat

Jika kamu tidak melakukan perawatan yang kurang tepat maka akan memudahkan munculnya karat pada baja ringan. Jadi usahakan baja ringan tidak terlalu sering terkena air karena akan sangat memicu terjadinya muncul karat pada baja. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati dalam merawatnya agar baja lebih awet dan tahan lama.

3. Harus Melakukan Perhitungan Secara Tepat

Kamu harus menghitung ukuran dan jumlah baja secara tepat dan hati-hati. Jika kamu salah dalam perhitungan ukuran dan jumlah kebutuhan baja ringan maka akan menimbulkan bahaya seperti roboh karena kurangnya komponen atau tidak menyatunya baja satu dengan yang lainnya.

4. Baja Ringan Belum Terbukti Ramah Lingkungan

Hal lainnya yang menjadi pertimbangan buat kamu adalah baja ringan belum terbukti ramah lingkungan. Selama ini publikasi mengenai baja ringan yang ramah lingkungan tidak begitu banyak. Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari penggunaan baja ringan.

5. Cenderung Mahal dengan Budget Terbatas

Meskipun baja ringan dibilang cukup ekonomis, namun jika dengan budget terbatas pengeluaran untuk baja ringan justru cenderung lebih mahal. Baja ringan disebut ekonomis karena biaya yang dikeluarkan sepadan dengan daya tahan dan kekuatannya yang awet dan tahan lama.

Itulah beberapa informasi mengenai mezzanine kelebihan dan kekurangan menggunakan baja ringan. Semoga bisa bermanfaat ya.

Related posts

Alasan Menggunakan Scaffolding di Dalam Konstruksi Bangunan

Stefa

Apa Itu Scaffolding? Fungsi, dan Jenis Scaffolding

Stefa

Apa Itu Konstruksi Bangunan? Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Bagian Pentingnya

Stefa