scaffolding dalam konstruksi bangunan
Pengetahuan

Alasan Menggunakan Scaffolding di Dalam Konstruksi Bangunan

Dalam suatu konstruksi bangunan khususnya pada bangunan yang tinggi ataupun hunian tempat tinggal sudah pasti akan menggunakan scaffolding, karena jika tidak pekerjaan itu bukanlah hal yang mudah. Bagi para pekerja konstruksi selain dari perencanaan yang matang, juga diperlukan bahan-bahan berkualitas. Disini kita akan bahas,

Alasan menggunakan scaffolding dalam konstruksi bangunan

alasan menggunakan scaffolding
Source: freepik.com

Sebagai Penyangga Material dan Alat Konstruksi

Scaffolding dapat digunakan untuk penyangga material dan alat konstruksi. Biasanya pekerja memanfaatkan scaffolding ini untuk mengambil material untuk dibawa ke atas dan diletakkan di scaffolding sehingga dapat menghemat waktu kerja. Karena jika harus bolak balik maka akan menghabiskan waktu yang cukup lama dan pengerjaan pun menjadi tidak efisien.

Tetapi pekerja juga harus memperhatikan material yang dibawa dengan scaffolding disimpan dengan benar agar tidak terjatuh dan pastikan scaffolding dan rangka scaffoldingnya dalam keadaan baik dan kuat untuk menopang material tersebut.

Sebagai Penyangga Pekerja Konstruksi

Selain untuk barang yang pasti bisa untuk penyangga manusia atau pekerja konstruksi yang sedang mengerjakan bangunan. Dalam membangun suatu bangunan pasti dibutuhkan scaffolding. Jika membangun bangunan kecil seperti rumah, bisa menggunakan steger. JIka membangun bangunan yang besar dan tinggi maka harus menggunakan scaffolding.

Karena dengan menggunakan scaffolding, dapat mempermudah pekerjaan pekerja konstruksi pada saat melakukan pemasangan material dan pengerjaan. Dengan begitu, pekerjaan pun akan menjadi lebih mudah dan risiko kecelakaan kerja pun kecil karena pekerja aman dan nyaman.

Sebagai Akses Jalan

Seperti yang kamu ketahui bahwa akses jalan konstruksi bangunan memiliki akses yang cukup sulit. Khususnya para pekerja yang sedang melakukan pekerjaan di bangunan yang tinggi. Dengan adanya scaffolding sangat membantu dan biasanya dijadikan akses jalan bagi para pekerja konstruksi.

Jika menggunakan scaffolding sebagai akses jalan, para pekerja juga perlu mempersiapkan jaring-jaring pengamanan di setiap sisi scaffolding. Tujuannya adalah untuk membuat para pekerja menjadi lebih aman dalam beraktivitas.

Tak hanya itu, jika menggunakan scaffolding dapat di geser-geser dari satu area ke area lainnya tanpa harus membuang-buang waktu pekerja. Caranya adalah dengan menggunakan dek slide dari arah depan dan berlawanan. Dan menggeser secara vertikal atau naik turun.

Tips Cara Memilih Scaffolding

tips memilih scaffolding
Source: freepik.com

Kita sudah membahas apa fungsi dari menggunakan scaffolding. Kali ini kita akan memberikan tips bagaimana cara memilih scaffolding yang baik dan benar. Karena jika scaffolding tidak dalam kondisi yang baik maka akan sangat membahayakan pekerja dan akan berdampak pada efisiensi waktu bekerja menjadi lebih lama. Lalu bagaimana caranya?

Perhatikan Kualitas

Biasanya di setiap toko bangunan menyediakan barang dengan kualitas yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih toko yang menjual scaffolding dengan kualitas yang terbaik, terutama kamu harus memperhatikan bahan baku yang digunakan menggunakan bahan unggulan. Karena dengan bahan yang bagus, para pekerja pun akan merasa aman dan nyaman.

Ketahui Standarnya

Jika kamu mau menggunakan scaffolding, kamu harus mengetahui terlebih dahulu standarnya. Khususnya kamu harus memperhatikan ukuran dan kekuatan dari scaffolding tersebut. Untuk bahannya seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Selain itu kamu juga harus mengetahui ukuran scaffolding yang pas akan memberikan kemudahan untuk para pekerja. Kekuatan pada scaffolding juga harus diperhatikan karena semakin kuat scaffolding, maka dapat diandalkan untuk akses jalan para pekerja dan penyangga material.

Memiliki Dukungan Teknis

Hal ini juga tidak kalah penting dari poin pertama dan kedua. Memperhatikan dukungan teknis juga diperlukan. Khususnya pada bagian-bagian terkecil, meskipun kecil tapi sangat penting. Dengan adanya dukungan teknis tersebut, kamu bisa menghemat biaya konstruksi. Misalnya ada salah satu yang tidak berfungsi, maka kamu bisa menggantinya ketimbang kamu harus membeli scaffolding baru.

Seperti itulah alasan mengapa harus menggunakan scaffolding dan tips bagaimana cara memilih scaffolding yang baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk kamu yang mau membeli scaffolding.

Related posts

Kelebihan Dan Kekurangan Membuat Mezzanine Menggunakan Baja Ringan

Stefa

Apa Itu Besi Cor? Apa Saja Jenis-Jenis Besi Cor?

Stefa

Ide Model Rumah Dengan Desain Menarik

Stefa