cara mengatasi Atap bocor
Tips & Trick

Cara Mengatasi Bocor Di Pertemuan Atap Dan Dinding

Mengalami atap bocor pada saat musim hujan memang sangat mengganggu. Jika sudah ada kebocoran, harus segera diperbaiki agar tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Jika kebocoran tidak segera diperbaiki, akan membuat komponen lainnya mengalami kerusakan seperti plafon yang berjamur, dan warna cat yang memudar. Lalu bagaimana cara cepat mengatasi kebocoran? 

Untuk itu, kamu harus mengatasi masalah kebocoran terutama pada pertemuan atap dan dinding. Kamu tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi kebocoran di pertemuan atap dan dinding.

Penyebab Atap Bocor

Sebelum kita membahas ke solusinya, kita akan membahas apa sih penyebab dari atap bocor? Jika kamu mengetahui sumber masalahnya, maka proses perbaikan pun akan menjadi lebih mudah. Berikut penyebab atap bocor :

  • Pergeseran genting
  • Keretakan pada kerpus
  • Kerusakan pada genting
  • Talang air tersumbat

Solusi Mengatasi Bocor di Pertemuan Atap dan Dinding

Cara mengatasi atap bocor
Source: rumah123.com

Kebocoran seperti ini sudah sering ditemui dan sudah sering terjadi. Untuk menyatukan atap dan dinding memang tidaklah mudah dan diperlukan ketelitian. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan solusinya.

1. Lapisi dengan cairan waterproof

Pertemuan atap dan dinding yang mengalami kebocoran bisa diperbaiki dengan memberikan lapisan cairan waterproof. Dengan cairan ini akan mencegah air merembes masuk kedalam rumah dan akan mencegah terjadinya kebocoran.

Sebaiknya pilih cairan waterproof yang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi dan bisa digunakan pada setiap jenis atap rumah. Pemasangan cairan waterproof ini juga harus diperhatikan. Jika mau pemasangan cairan waterproof pastikan cuaca sedang cerah agar cairan waterproof bisa merekat dengan baik sehingga memberikan perlindungan yang maksimal.

2. Pasang talang

Kamu bisa mengatasi kebocoran ini dengan cara pemasangan talang di bawaj lapisan penutup atap. Pemasangan talang sebaiknya dibuat saling bertumpukan minimal 10 cm. Jika talang sudah berhasil dipasang, tutup bagian tersebut dengan menggunakan lapisan campuran semen, pasir dan air dengan perbandingan 1:2:3. Jika sudah, pastikan lapisan atap tertutup rapat dan tidak ada celah.

3. Lakukan penggantian genting

Genting adalah salah satu bagian pada atap rumah yang selalu terpapar matahari dan hujan. Perubahan cuaca yang ekstrim seperti dari panas dari teriknya matahari menjadi guyuran hujan yang lebat dapat membuat genting mengalami penyusutan atau pemuaian.

Perubahan tersebut membuat genting lebih cepat rapuh dan membuat air merembes masuk lalu menyebabkan kebocoran pada atap rumah. Jadi, untuk menghindari terjadinya kebocoran pada pertemuan dinding dengan atap, kamu bisa mengganti genting yang merembes tersebut dengan genting yang baru. Sebaiknya menggunakan genting yang berkualitas dan awet.

4. Penambalan dengan sealant

Solusi yang berikutnya adalah bisa menggunakan sealant untuk menambahnya. Tapi, kamu harus ingat bahwa penambalan dengan sealant ini dianjurkan apabila penyebab kebocoran seperti keretakan halus pada atap.

Cara penggunaannya bisa dilakukan sebanyak dua kali. Pertama, aplikasikan sealant secukupnya pada retakan da tunggu hingga kering. Kemudian, aplikasikan lapisan kedua diatasnya agar retakan dapat benar-benar tertutup.

5. Memasang lapisan plastik atau terpal

Solusi yang paling terakhir adalah kamu bisa mencobanya dengan melakukan pemasangan lapisan plastik atau terpal. Lapisan plastik atau terpal ini dipasang di bawah atap untuk menutup pori-pori agar tidak mudah rembes. Lapisan plastik atau terpal yang digunakan harus yang tebal agar tidak mudah rusak sehingga kebocoran yang terjadi pun bisa dicegah dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Ketahui fungsi dan penjelasan apa itu Konstruksi Bangunan 

Itu dia beberapa solusi untuk mengatasi kebocoran yang dapat kami berikan untuk kamu yang sedang mengalami kebocoran dirumah. Semoga bermanfaat.

Related posts

4 Cara Menyimpan Semen: Pencegahan, Durasi, dan Tempat Penyimpanan

Linda Arista

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Cepat dan Mudah

Stefa

Tips Menata Rumah Yang Minimalis Agar Terlihat Lebih Luas

Stefa