Cara menghilangkan karat besi
Tips & Trick

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Cepat dan Mudah

Memiliki barang yang berkarat itu pasti tidak enak untuk dilihat apalagi digunakan. Karat merupakan kondisi di mana sebuah besi atau logam mengalami korosi melalui proses oksidasi sehingga akan memunculkan kotoran hasil korosi yang berwarna kuning dan berbau seperti besi.

Karat itu bisa terjadi karena terdapat uap air maupun akibat udara di lingkungan sekitar yang lembab, uap garam dan asam di udara bebas, kondisi fisik logam yang permukaannya tidak rata. Bahaya karat tidak hanya berpengaruh pada keamanan saja, namun berdampak juga pada kesehatan lho. 

Benda yang berbahan besi dan berkarat bisa menyebabkan tetanus dan tidak jarang jika tertelan bisa menyebabkan keracunan logam berat yang bisa menyebabkan kematian.  Berikut ada beberapa cara untuk menghilangkan karat pada besi.

Cara Menghilangkan Karat Besi dengan Cepat dan Mudah

Cara tepat menghilangkan karat besi dengan mudah dan cepat

1. Menggunakan baking soda dan asam sitrat

Seperti yang kita ketahui biasanya baking soda dipakai untuk membuat dan dicampur dengan asam sitrat yang berasal dari air perasan jeruk. Dengan cara campurkan setengah sendok baking soda, asam sitrat dan setengah sendok garam.

Lalu aduk hingga merata. Setelah itu oleskan pada benda atau besi yang berkarat. Diamkan selama beberapa saat dan perhatikan apakah karat yang menempel di besi tersebut sudah pudar atau belum. Cara ini termasuk cara yang mudah karena bahan-bahannya mudah ditemukan di dapur kamu.

Jika kamu tidak memiliki baking soda, kamu bisa menggunakan asam sitrat saja untuk membersihkan karat pada besi. Caranya siapkan sebuah wadah untuk merendam, lalu campurkan asam sitrat dengan air hangat dalam wadah tersebut. Lalu rendam benda tersebut selama 30 menit hingga 1 jam.

2. Menggunakan cuka putih

Menghilangkan karat dengan cuka putih bisa menjadi cara untuk menghilangkan karat. Cuka putih tersebut memang tidak bisa dipakai di dalam aktivitas sehari-hari, beda dengan cuka biasa yang digunakan untuk bumbu dapur ya.

Cuka putih biasa dikenal sebagai mengatasi wc yang mampet hingga menghilangkan karat besi. Untuk penggunaannya kamu cukup siramkan cuka pada permukaan yang berkarat dan diamkan semalaman atau kurang lebih 24 jam.

Agar hasilnya lebih maksimal, gosok permukaan dengan menggunakan spons yang berasal dari alumunium foil ata sikat kawat. Lakukan secara berulang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan amplas

Permukaan amplas yang kasar dapat menghilangkan karat dengan cara bersihkan terlebih dahulu benda yang akan diamplas dengan merendamnya di air hangat yang sudah dicampur dengan deterjen.

Setelah direndam, keringkan terlebih dahulu dan gosok dengan wol yang terbuat dari alumunium. Kamu bisa menggosok dari permukaan yang paling berkarat. Jika sudah mulai memudar, siapkan sabun khusus WD-40 atau kamu bisa menggunakan deterjen untuk mencucinya.

4. Menggunakan minuman bersoda

Minuman soda tidak hanya membuat menghilangkan dahaga, minuman soda juga bisa mengatasi pipa yang tersumbat dan mengatasi karat karena minuman bersoda mengandung asam fosfat dan asam karbonat yang memiliki PH antara 2-4.

Caranya adalah menyemprotkan atau menuangkan soda ke benda yang berkarat atau bisa juga mencelupkan ke larutan minuman bersoda. Jangan lupa bilas dengan air hangat lalu lap dengan kain bersih.

5. Menggunakan bahan bakar solar

Cara menghilangkan karat dengan bahan bakar solar lebih baik menggunakannya untuk menghilangkan karat untuk barang perkakas seperti tang, obeng dan yang lainnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menerapkannya pada jam tangan besi.

Caranya adalah rendam benda atau perkakas ke dalam solar dan membiarkannya semalaman. Pastikan karat sudah mulai terlepas dari permukaan peralatan yang mau dibersihkan. Jika sudah, kamu bisa menyelesaikan proses menghilangkan karat dengan cara mengangkat benda dari rendaman solar lalu menggosoknya dengan baik atau sikat gigi bekas untuk memastikan karatnya sudah hilang.

Untuk menghilangkan karat pada jam tangan, kamu perlu menggosokannya dengan sikat gigi, lalu lap kain basah bersabun dan lap kembali dengan kain dan air bersih.

6. Menggunakan kentang dan sabun cuci piring

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa tidak mungkin kentang dan sabun cuci piring dapat membersihkan karat. Tapi faktanya, jika keduanya digabungkan, kamu dapat menemukan bahan yang dapat membersihkan benda berkarat dan efektif.

Caranya adalah potong kentang menjadi dua, jika sudah blender kentang hingga halus dengan blender. Kalau tidak ada blender, kamu bisa menumbuk kentang. Setelah halus, campurkan kentang dengan sabun cuci piring lalu aduk hingga rata.

Biarkan campuran tersebut menempel di barang berkarat dalam beberapa waktu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gosok dengan spons  dari alumunium foil. Jika sudah dibersihkan, siram atau cuci dengan air dan keringkan.

Baca Juga : Cara mengatasi bocor di pertemuan atap dan dinding

Oleh karena itu penting untuk menjaga setiap barang yang terbuat dari besi terutama yang berada di sekitar tempat tinggal rumah Anda dan yang lainnya. Itulah beberapa cara bagaimana menghilangkan karat dengan cepat dan mudah. Semoga tips ini bermanfaat ya. 

Related posts

Cara Mengatasi Bocor Di Pertemuan Atap Dan Dinding

Stefa

Inilah Penyebab Tembok Retak Tembus dan Cara Memperbaikinya

Stefa

Tips Menata Rumah Yang Minimalis Agar Terlihat Lebih Luas

Stefa